top of page

Kegiatan Penjelajahan PRAMUKA ke Candi Jiwa

Updated: Sep 5, 2022

Masyarakat Indonesia tentu familiar dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Di antara sekian banyak candi di Nusantara, kedua candi tersebut boleh dibilang yang paling terkenal karena tercatat sebagai salah satu keajaiban dunia. Jika Candi Borobudur dan Candi Prambanan terletak di Jawa Tengah, candi tertua di Indonesia berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Candi ini bernama Candi Jiwa atau Batujaya I, dan merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara – Kerajaan bercorak Hindu-Budha tertua di Pulau Jawa.

Penjelajahan Pramuka Kelas XII IPA SMA Marsudirini Bekasi, kali ini dilaksanakan di Candi Jiwa, Karawang-Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan kewajiban yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik, bersama-sama dengan kakak pembina dan didampingi oleh wali kelas masing-masing untuk melaksanakan



ini.

Kegiatan penjelajahan yang disusun dan dirancang dengan baik dapat merupakan media pendidikan yang dapat mengembangkan manajerial, keterampilan bergaul, keterampilan intelektual, keterampilan emosional, keterampilan sosial, keterampilan spiritual dan keterampilan fisik, oleh karena itu sekiranya kegiatan penjelajahan dapat dilaksanakan secara berkala dan bisa dalam regu. Sehingga penjelajahan dapat mengembangkan sikap, melatih kemandirian, melatih tanggung jawab dan kedisiplinan tiap peserta didik nantinya.

104 views0 comments
bottom of page