• Ayu Puspa Indah

SMA Marsudirini Bekasi Ajak Semua Pihak Budayakan 5S



Dalam rangka membudayakan penerapan gerakan 5S di lingkungan secara menyeluruh dan berkesinambung, maka SMA Marsudirini Bekasi mengadakan Rapat Kerja 5S bersama-sama dengan seluruh Karyawan Tata Usaha, Perpustakan, Laboran, Guru, Cleaning Service dan Security yang bertempat di Aula SMA Marsudirini Bekasi, pada hari Senin 07 September 2020.


Adapun 5S merupakan sebuah metode penataan dan pengelolaan tempat kerja secara sistematis dan terorganisir dengan pendekatan proses perubahan sikap. 5S sendiri merupakan gabungan 5 kata dari bahasa Jepang, yaitu Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi ), Seiso (Resik ), Seiketsu (Rawat), dan Shitsuke (Rajin).


Kepala SMA Marsudirini Bekasi, Bapak H. Nugroho Sudjatmiko, S.Pd., M.Pd. mengatakan, membudayakan gerakan 5S ini merupakan praktek pemberlakuan kebiasaan sehingga peraturan dan standarisasi di tempat kerja ditepati dengan baik dan tentunya akan menciptakan susana kerja yang aman dan nyaman. " Mungkin kita telah mengenal budaya 5S ini sejak lama, namun penerapannya sering kita abaikan dan lupakan, sehingga budaya 5S itu sendiri tidak dapat diterapkan dengan baik dan tidak menjadi suatu kebiasaan yang baik di lingkungan kerja kita," ujar Bapak H. Nugroho Sudjatmiko, S.Pd., M.Pd. pada rapat kerja hari ini.


" Oleh karenanya, mari kita bersama-sama untuk sadar akan membudayakan gerakan 5S itu dari sekarang, dan saya mengimbau kepada semua pihak agar terus menerapkan budaya 5S dalam setiap aspek kehidupan kita," pungkasnya.

13 views0 comments