top of page
ayupuspaindah

SMA Marsudirini Bekasi melaksanakan Gladi Bersih Asesmen Nasional SMA/MA Tahun 2021

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau: perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya di satuan pendidikan: antara kelompok sosial ekonomi, di satuan wilayah antara sekolah negeri dan swasta, antar daerah, ataupun antar kelompok berdasarkan atribut tertentu).



Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong sekolah dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. Maka dari itu, hasil Asesmen Nasional sendiri diharapkan mampu memberikan manfaat. Rabu, 08 September 2021, SMA Marsudirini Bekasi melaksanakan kegiatan Gladi Bersih Asesmen Nasional SMA/MA Tahun 2021 yang akan dilakukan selama 2 hari kedepan, hingga hari Kamis 09 September 2021, bertempat di Lab. Komputer lantai 4 SMA Marsudirini Bekasi.

Sebanyak 52 peserta didik yang terpilih untuk mengikuti kegiatan ini dan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi 1 dimulai dari pukul 07.30 wib s.d 09.30 wib, untuk sesi 2 dimulai dari pukul 10.30 wib s.d 12.30 wib. Setelah selesai melaksanakan kegiatan gladi bersih, peserta didik dihimbau untuk segera meninggalkan lingkungan sekolah dan kembali ke rumah masing-masing untuk menghindari berkumpul-kumpul dengan teman-teman lainnya.



40 views0 comments

Opmerkingen


bottom of page